Balitbang Kemenag Kirim Peneliti Lakukan Survei Haji

By Admin

nusakini.com--Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama pada musim haji 2018 ini mengirimkan tim peneliti ke Arab Saudi. Tim akan fokus melakukan survey terkait efektivitas bimbingan manasik haji. 

"Survey ini akan mengukur sejauhmana pengetahuan dan praktik jemaah terkait manasik haji. Selain itu survey juga dilakukan untuk mengukur bagaimana kualitas bimbingan yang selama ini mereka peroleh, baik bimbingan di Kankemenag-KUA, KBIH, TPIHI, dan pengelola haji khusus," ujar Ketua tim A. Jamil Wahab, Kamis (16/08). 

Ia mengatakan, survey dilakukan oleh tim terdiri dari 5 orang peneliti dengan melibatkan 800 responden yang dipilih secara random. Survey tersebut akan dilakukan terhadap jamaah haji reguler dan haji khusus. 

"800 jamaah tersebut merupakan sampel dari total jumlah jamaah haji tahun 2018 yaitu sebanyak 221.000 jemaah haji," katanya. 

Menurutnya, survey ini penting dilakukan, sebab meski banyak bimbingan yang dilakukan baik oleh pemerintah maupun masyarakat, namun faktanya masih ada sebagian jamaah haji yang saat di Arab Saudi masih menjalankan ibadah belum sesuai ketentuan. 

Sementara itu, Kepala Badan Litbang dan Litbang Kemenag Abdurrahman Masud yang juga menjadi pengarah tim survey haji menyatakan, kegiatan haji jamaah kita too ritualistic, itupun disertai dengan pemahaman ibadah ritual yang belum sempurna, bahkan banyak jamaah yang bermakmum saja dengan pembimbingnya. 

"Ranah penghayatan substansi, makna, dan hikmah ibadah haji juga secara umum belum optmal. Hikmah haji agar memperoleh haji mabrur yang lebih seimbang antara makna haji lahiriah dan spiritualiah perlu dipastikan untuk model pembinaan haji kedepan," ucapnya.(p/ab)